Take a Walk dan Resep Tahu Telur

Kamis, 28 Oktober 2010

Kota Malang dimalam hari masih ramai, berbeda dengan di kampung halamanku. Nah suatu malam  aku jalan-jalan ke gramedia berniat mengantarkan teman membeli buku, setelah itu lihat-lihat ada apa yang dijual di Gramedia Malang. Oiya gramediannya bukan  gramedia matos tapi gramedia pusat. Setelah puas berbelanja dan melihat-lihat sambil menyegarkan mata saya, aku keluar dari gedung megah itu lalu aku menengok kanan-kiri , kok tidak ada angkutan dimalam hari ya, yang ada hanya abang becak yang dengan santainya menunggu penumpang. 

abang becak berkata, "mas becak,.. mas becak,..."
dan akupun berkata, "Terimakasih bang,..."

pikirku, masak naik becak, lha wong jauh dari kost ntar malah bayar selangit lagi. Tak banyak alasan akhirnya saya jalan kaki dengan teman saya. Perjalanan kaki yang saya tempuh lumayan jauh sekitar 10 KM, ih waw ^_^. Menyusuri jalan raya dengan dihiasi gemerlap lampu-lampu kota setengah metropolitan nyaris megapolitan, aku melihat suatu tempat makan dimana tempat makan itu dindingnya terbuat dari kaca bening dilapisi air yang mengalir, wuh pemandangan yang indah sekali, maklum pengunjungnya bos bos namanya juga restoran elit.


Perutku terasa lapar, begitu juga dengan temanku ada sebuah warung didekat stadion gajayana, ingin sekali aku mampir dan aku tidak jadi mampir karena bau makanannya tidak enak dihidungku. Maklum dilihat dari bau makanannya saja sudah terasa bahwa itu makanan tidak enak :D Nekat aku teruskan perjalanan, akhirnya sampai juga di warung idamanku. Aku dan temanku memesan tahu telur, temanku pesan menu tersebut dengan lombok sebanyak 2 sedangkan aku lombok 10, hmm,... mencoba kesaktian bagaimana pedasnya lombok 10 :D

Aku amati tu orang caranya buat tahu telur, dan... sim salabim jadi deh tahu telurnya. Jalan-jalan yang melelahkan akhirnya memperoleh ilmu yang bermanfaat yaitu CARA MEMBUAT TAHU TELUR, ^_^. Ilmu tak boleh disimpan maka dari itu aku bagi-bagi saja deh, ini cara membuatnya:

Bahan:
1. Kacang (beli dipasar banyak)
2. Petis
3. Kecap
4. Cabe (bebas asal tidak cabe yang besar)
5. Asem
6. Telur
7. Tahu
8. Kerupuk
9. Nasi
10. Bawang
11. Air Putih

Cara Membuat:
1. cara membuat bumbu adalah haluskan kacang diemper atau bahasa jawanya diulek sampai halus, lalu tambahkan petis, kecap, cabe, bawang secukupnya lalu diulek sampai halus.
2. setelah diulek sampai halus tambahkan air putih secukupnya lalu aduk bumbu itu.
3. pembuatan bumbu selesai, sekarang siapkan gelas (boleh gelas atau mangkok yang akan digunakan untuk mengaduk telur) lalu telur tersebut dikocok didalam gelas.
4. potong kecil-kecil tahu yang sudah digoreng lalu masukkan tahu tersebut kedalam gelas yang berisi telur yang sudah diaduk.
5. aduk telur dan tahu supaya menyatu.
6. siapkan minyak mendidih di penggorengan lalu goreng adonan tahu dengan telur yang dikocok digelas tadi.
7. setelah kecoklatan angkat gorengan tahu telur tadi.
8. potong kecil-kecil gorengan tahu dan telur.
9. siapkan nasi secukupnya lalu taruh gorengan tahu dengan telur itu diatas  nasi.
10. setelah itu tambahkan bumbu yang dibuat tadi.
11. jadi deh tahu telur.

Hasil jalan-jalan yang melelahkan tapi dapat ilmu yang bermanfaat. Lain kali aku akan jalan-jalan ke kota lain dan menemukan resep yang tak kalah menariknya. Tunggu saja kisahnya,...
Share this article :

2 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Eat and Street - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger