Kecerdasan Manusia | yang manakah karakter anda ?

Senin, 19 April 2010

Artikel kali ini membahas tentang Kecerdasaan Otak Manusia, Ada 7 definisi, akan tetapi Kecerdasaan apakah yang anda miliki ? untuk lebih detailnya mari simak artikel berikut ini yang aku dapatkan dari temenku yang paling imut Mia... ^_^. Semoga bermanfaat.
 
Pada awal 1980-an, Howard Gardner dalam bukunya Frames of Mind (Kerangka Pikiran) mengidentifikasi tujuh kecerdasan yang berbeda, yaitu :

1. Linguistik-verbal. Yaitu, kecerdasan yang sekarang dipakai oleh sistem pendidikan kita untuk mengukur IQ seseorang. Kecerdasan linguistik-verbal merupakan kemampuan bawaan seseorang untuk membaca dan menulis kata-kata. Kecerdasan ini merupakan kecerdasan yang sangat penting. Karena, hal ini merupakan cara utama umat manusia mengumpulkan dan membagikan informasi. Para wartawan, penulis, pengacara, dan guru sering kali dianugerahi kegeniusan macam ini.

2. Numerik. Yaitu, kecerdasan yang berhubungan dengan data yang diukur dalam angka-angka. Seorang ahli matematika dianugerahi dengan kecerdasan ini. Contohnya, seorang insinyur yang terlatih secara formal haruslah baik dalam kecerdasan linguistik-verbal dan numerik.

3. Spasial. Ini adalah kecerdasan yang dimiliki oleh banyak orang yang kreatif, seperti para artis dan desainer. Tetapi seorang arsitek haruslah baik dalam ketiga kegeniusan pertama ini, karena profesi ini akan membutuhkan kata-kata, angka-angka, dan desain yang kreatif.

4. Fisik. Ini adalah kegeniusan yang dianugerahkan pada banyak atlet dan penari. Selain itu, banyak sekali orang dengan kegeniusan ini cenderung menjadi ahli mekanik atau usahawan yang berhubungan dengan pembangunan industri. Kemungkinan besar mereka mnyukai toko kayu atau kelas memasak. Dengan kata lain, mereka genius dengan menyentuh, dan mengerjakan sesuatu. Tetapi orang yang mendesain mobil balap haruslah memiliki keempat kegeniusan pertama ini.

5. Intrapersonal. Kegeniusan ini kerap disebut kegeniusan emosional. Sering kali, orang tidak berhasil dalam melakukan sesuatu bukan karena kurangnya pengetahuan otak, tetapi karena mereka takut gagal. Saya mengenal banyak orang pandai dengan peringkat baik, namun, mereka kurang berhasil hanya karena mereka hidup dalam rasa takut berbuat salah atau gagal. Banyak sekali orang tidak menghasilkan banyak uang hanya karena mereka takut kehilangan uang.
Buku Daniel Goleman yang berjudul Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional). Dalam buku itu, Goleman mengutip seorang humanis abad enam belas, Erasmus dari Rotterdam, yang menyatakan bahwa pemikiran emosional dapat menjadi dua puluh empata kali lebih hebat dari pada pemikiran rasional.
Saya cukup yakin kebanyakan dari kita telah mengalami kekuatan otak emosional kita melebihi otak rasional kita, terutama bila kita lebih takut dari pada berpikir logis atau ketika kita mengatakan sesuatu yang kita tahu seharusnya tidak akan pernah kita katakan.
Goleman mengatakan bahwa kecerdasan intrapersonal adalah kecerdasan yang paling penting dari semua kecerdasan. Karena, kecederasan intrapersonal adalah kontrol kita atas apa yang kita katakan.

6. Interpersonal. Yaitu, kecerdasan yang ditemukan dalam diri orang yang dapat berbicara atau berkkomunikasi secara baik dengan orang alin. Orang dengan kecerdasn ini sering kali adalah komunikator yang karismatik, penyanyi, pengkotbah, politikus, aktor, salesman, dan penceramah yang hebat.

7. Lingkungan. Yaitu, kecerdasan yang berasal dari umat manusia terhadap hal-hal di sekeliling mereka. Ada orang-orang yang secara natural mempunyai bakat untuk berhubungan dengan alam sekitar, seperti pohon, tanaman, ikan, lautan, binatang, dan tanah. Kecerdasan seperti ini dimiliki oleh para petani, pelatih binatang, ahli kelautan, penjaga, dan pemelihara tanaman yang hebat.

Sekarang, sudah taukah di mana letak kecerdasan yang anda miliki???
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Eat and Street - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger